oleh

Di Kampung Leluhurnya, Pangdam XIV Hasanuddin Diberikan Gelar Andi Sumangerukka Petta Teru

WATAMPONE, KARYA RAKYATKU.COM–Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin(Hsn) Mayjen TNI Andi Sumangerukka SE,M.M. melakukan kunjungan kerja di kampung leluhurnya Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone, Kamis (17/9/2020).

Mayjen TNI Andi Sumangerukka SE,M.M. tiba Bone disambut secara adat di pelataran Rumah Jabatan Bupati Bone sekira pukul 12.15 Wita bersama rombongan dan lansung diarak masuk di Museum Arajang Komleks Rujab Bupati Bone, Sulawesi selatan.

Bupati Bone Dr. Andi Fahsar Mahdin Padjakangi, M.Si didampingi Ibu Hj. Kurniaty Fahsar, Wakil Bupati Bone Drs.H. Ambo Dalle, MM, dan jajaran Forkopimda menjemput kedatangan orang nomor satu dijajaran Kodam XIV Hasanuddin ini, seperti Kapolres Bone AKBP Try Handako Wijaya Putra, Ketua Pengadilan Negeri
Bone Rurachmat, SH, Pjt Kajari Bone Slamet Jaka Mulayana, SH dan Sekda Kabupaten Bone Drs. Andi Islamuddin.

“Selamat datang di tanah Bone komandan,”kata Bapak Bupati Bone.

Danrem 141/ Toddopuli, Brigjen TNI Djashar Djamil SE MM bersama pejabat Korem 141 Toddoppuli juga hadir melakukan penjemputan.

Seperti tamu penting lainnya, sebelum masuk di Rumah Jabatan Bupati Bone diawali penyambutan dengan tarian khas adat Bugis Bone, yakni tarian sere alusu.

Dalam Museum Arajang, Andi Sumangerukka bersama Ibu dipasangkankan baju adat Kerajaan Bone dan setelahnya diberikan gelar oleh pemangku adat kerajaan Bone

dengan gelar Andi Sumangerukka Petta Teru, dan gelar tersebut diambil dari gelar kakeknya yang keturunan Panglima Perang Kerajaan Bone.

Makna gelar Andi Sumangerukka Petta Teru adalah sosok pimpinan pemberani dalam mengambil tindakan yang tegas untuk memulihkan suasana di suatu wilayah dengan perhitungan yang cermat. (aba)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *